Minggu, 16 September 2012

Mengejar Jas Putih

gue lupa sejak kapan gue bercita-cita jadi dokter, yang jelas tekad ini sangat amat bulat. semakin bulat ketika kelas 3 SMA, "ditanya mau kuliah apa?", jawabnya pasti "kedokteran". ga ada dan mungkin ga bisa terbesit cita-cita lain. kelas 3 SMA dimulailah les untuk nyiapin SNMPTN tulis. gue sempet nyoba tes UPN tapi keterimanya kesehatan masyarakat bukan kedokteran. dan gue ga dapet kesempatan untuk mencoba SNMPTN undangan tp gapapa. tibalah detik-detik menjelang SNMPTN tulis. gue harus berangkat ke Jogja untuk tes karena pilihan gue FK UGM dan FK UNSOED yang dua duanya terletak di wilayah 2, jadilah gue harus tes di wilayah 2. gue amat sangat ingin kuliah di Jogja, entah kenapa, gue sangat tertarik dengan daerah itu. ya, tapi Allah berkehendak lain, pengumuman pun menyatakan :

saat itu sedih kecewa tapi yauda masih ada tes mandiri ga nyerah, ga berenti belajar saat itu, ikut tes mandiri dari SIMAK UI, SMUP (UNPAD), dan SWADANA UNS. SIMAK UI menggunakan sistem tes lagi, sedangkan SMUP dan SWADANA UNS menggunakan hasil SNMPTN. saat itu gue daftar pendidikan dokter dan psikologi di kedua univ itu. SMUP dan SWADANA UNS mengumumkan hasilnya lebih dulu di hari yang sama, dan hasilnya :


  

masih ada  pengumuman SIMAK, gue daftar pendidikan dokter dan kesehatan masyarakat, walaupun gue tau pilihan pertama yang gue inginkan itu sangat amat kecil kemungkinannya, tapi gue ga berhenti berdoa, sampe di hari pengumuman :


setelah liat pengumuman itu, frustasi, down, sedih, saat temen-temen lu udah dapet kuliah, tapi lu masih jadi pengangguran. terlintas pikiran gimana kalo ga kuliah taun ini? ya ampun sedih banget rasanya. tapi Alhamdulillah gue punya ibu yang super duper. ibu gue tetep support gue walau gue udah jatuh sejatuh jatuhnya. dan ga ada sekata pun terucap dari mulutnya untuk jatuhin gue, padahal gue tau gue udah mengecewakan. hari demi hari berlalu gue tetap belajar menyiapkan tes selanjutnya UMB Nusantara, di tes itu gue daftar pendidikan dokter unsoed, pendidikan dokter gigi unsoed, matematika unsoed, biologi unsoed, dan farmasi unsoed. dan hasilnya :

saat itu rasa syukur dan kecewa timbul berbarengan. bersyukur karena akhirnya dapet kuliah, tapi kecewa karena gue ditolak lagi sama jas putih. akhirnya gue memutuskan untuk ngambil biologi dan tetap ikut tes terkahir yaitu SPMB UNSOED dengan pilihan pendidikan dokter dan pendidikan dokter gigi. hasilnya :


ya gue harus menerima kenyataan kalo gue tidak bisa menggapai jas putih itu taun ini. gue percaya segala sesuatu yang terjadi dalam hidup itu pasti ada hikmahnya. 

pesen buat adik adik kelasku yang sedang mempersiapkan diri menuju tempat yang kalian idam-idamkan, berusahalah semaksimal mungkin, maksimal dari maksimal, pokoknya bener-bener maksimal kalo kalian ingin mendapatkan yang kalian mau. karna saat kita bermalas-malasan kita akan kalah jauh dari orang lain yang bertahan dengan usahanya. tidak ada kata jenuh atau cape sebelum impian kalian tercapai!

ucapan terimakasih yang teramat sangat untuk mamah yang selalu dukung, selalu hibur, selalu percaya, berdoa tanpa henti. juga terimakasih banyak buat bapa yang selalu mendukung, berdoa, dan percaya dalam diamnya :')

terimakasih juga buat teman-teman terbaikku arin, tika, bathriq, raya, amal, ai, uca, dika, indri, uta semua teman-teman yang udah support gue.

terimakasih banyak juga buat keluarga Nurul Fikri Paledang: Mas Asep, Mas Piet, Mba Denti, semuanya yang udah bimbing novi.

dan akhir kata, selalu percaya Allah punya rencana terbaik untuk kita :')

0 komentar:

Posting Komentar

ayo komen ayo :)